Gelar Konferensi Pers, Delegasi Syiah Hautsi Dilempar Sepatu


syiahJenewa – Keributan terjadi dalam konferensi pres yang digelar delegasi pemberontak Syiah Hautsi dalam di kota Jenewa, Swiss, pada Kamis (18/07). Konferensi pers itu digelar di sela-sela pembicaraan damai antara delegasi Syiah Hautsi dan pemerintah sah di Yaman.

Kekacauan dan perkelahian itu terjadi antara pendukung delegasi pemberontak Syiah Hautsi dan delegasi pemerintah Yaman. Tidak ada laporan korban akibat keributan itu.

Menurut laporan Al-Jazeera, perkelahian itu dipicu tindakan seorang wanita dari pendukung pemerintah yang melemparkan sepatunya ke arah delegasi Syiah Hautsi. Saat itu, delegasi Syiah Hautsi tengah menggelar jumpa pers dengan awak media Swiss.

Wanita itu kemudian berteriak kepada delegasi Syiah Hautsi dengan nada kecaman dan murka. Pemberontak Syiah Hautsi dinilai menjadi sumber kekacauan di negara tersebut.

“Kalian adalah pembunuh dan pencipta kematian serta penderitaan di Yaman selatan,” teriaknya kepada delegasi Syiah Hautsi.

“Kalian adalah anjing, pembunuh dan penjahat yang membunuhi anak-anak di Yaman selatan,” teriaknya lagi.

Aksi wanita itu kemudian diikuti sejumlah pria anti Syiah Hautsi. Mereka meneriakkan kutukan yang sama dan mengibar-ngibarkan bendera Yaman Selatan, sebelum bergabung dengan Yaman utara.

Hal itu membuat para pendukung Syiah Hautsi meradang sehingga terjadi perkelahian antara kedua kubu. Sementara konferensi pers segera dihentikan dan delegasi Syiah Hautsi dikawal menjauh dari lokasi.

Sebagaimana diketahui, delegasi Syiah Hautsi dan pemerintah Yaman beberapa hari terakhir menggelar pembicaraan damai di Jenewa, Swiss, dengan disponsori utusan PBB. Namun, pembicaraan damai yang rencananya berakhir hingga Sabtu besok itu belum membuahkan kesepakatan.

Sumber: KIBLAT.NET, Al-Jazeera
Penulis: Hunef Ibrahim

Iklan