Wali Songo, Penyebar Ajaran Islam di Nusantara Berasal dari Arab


walisongoJakarta – Salah satu ciri konsep ‘Islam Nusantara’ yang ditawarkan adalah berbeda dengan ‘Islam Arab’. Menurut para pengusungnya, Islam Indonesia lebih moderat, hal ini berbeda dengan Islam Arab.

Menilai hal tersebut, Sejarawan Islam Ustadz Tiar Anwar Bachtiar berusaha mengungkapkan peran dan karakter orang Arab sebenarnya dalam penyebaran Islam di Indonesia.

Ustadz Tiar mengatakan peran orang Arab sangat krusial dan besar dalam perkembangan dakwah di Indonesia. Sehingga, eksistensi orang Arab dalam dakwah tidak bisa dipandang sebelah mata.

“Jadi saya kira peran orang Arab itu penting sekali dan besar dalam penyebaran Islam di Indonesia,” katanya kepada Kiblat.net, pada Kamis (18/6).

Menurut dia, sebagian besar dai yang mengislamkan nusantara berasal dari Arab. Misalnya sosok Wali Songo, berdasarkan riwayat yang bisa dipercaya sebagian besar dari Hadramaut (Yaman). Begitu juga ulama-ulama lainnya, seperti para Habaib sebagian besar juga berasal dari Arab.

Seperti diketahui, istilah Islam Nusantara diklaim oleh para pengusungnya sebagai ciri khas Islam di Indonesia yang mengedepankan nilai-nilai toleransi dan bertolak belakang dengan ‘Islam Arab’.

Ide ini telah menimbulkan kontroversi di kalangan ulama, cendekiawan dan penganut Islam di Indonesia.

Reporter: Bilal Muhammad

Editor: Fajar Shadiq / sumber ; KIBLAT.NET,

Iklan